Jumat, 09 Agustus 2019 03:00

6 Cara Memakai Kondom Dengan Benar Untuk Mencegah Kehamilan

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
6 Cara Memakai Kondom Dengan Benar Untuk Mencegah Kehamilan

6 Cara Memakai Kondom Dengan Benar Untuk Mencegah Kehamilan

RAKYATKU.COM - Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi paling populer dan umum digunakan. Kemudahan dan harganya yang cukup terjangkau menjadi alasan mengapa kondom dijadikan pilihan utama untuk mencegah kehamilan dan untuk menghindari penyakit menular seksual. Sering disepelekan, cara memakai kondom yang benar perlu diperhatikan.

Ada berbagai merk kondom dapat dengan mudah kita temui di pasaran. Alat kontrasepsi yang satu ini pun hadir dengan berbagai macam varian rasa buah-buahan guna memberikan sensasi menyenangkan saat melakukan oral seks.

Cara Memakai Kondom yang Benar
Sebagai alat kontrasepsi, fungsi kondom tentu untuk mencegah kehamilan. Efektivitas kondom sangat bergantung dari cara memasang kondom itu sendiri (selain kualitas kondom). Faktanya, masih banyak orang yang belum tahu cara pakai kondom yang benar.

Berikut cara memakai kondom yang benar:

1. Buka Bungkus Kondom dengan Hati-Hati
Kondom sudah di tangan, kini saatnya memulai tahapan cara memakai kondom yang benar. Pertama-tama, buka bungkus kondom secara perlahan menggunakan jari-jari. Sebaiknya hindari membuka bungkus kondom menggunakan benda tajam seperti gunting atau pisau. Hal ini guna menghindari kondom sobek dan rusak.

Satu hal lagi, sobek bungkus kondom dari arah samping (biasanya dijelaskan pada kemasan kondom), alih-alih membukanya dari tengah.

Membuka bungkus kondom secara perlahan tanpa menggunakan benda tajam adalah bagian dari cara memasang kondom yang benar. Tekstur karet kondom yang rentan robek (terutama kondom supertipis) menjadi alasan mengapa hal ini benar-benar harus diperhatikan.

2. Pasang Kondom Saat Penis Ereksi Sempurna
Cara memakai kondom yang benar selanjutnya yakni pastikan penis sudah benar-benar ‘keras’ alias ereksi sempurna sebelum memasang kondom. Setelah penis ereksi, Anda bisa secara mandiri atau meminta pasangan (sekaligus membangkitkan gairah) untuk memasangkan kondom dari mulai ujung kepala penis hingga ujung penis.

3. Tekan Ujung Kondom
Dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk, tekan ujung kondom sesaat sebelum memakaikan kondom pada penis. Hal ini bertujuan untuk menghambat udara masuk sehingga kondom tidak mudah pecah.

Ujung kondom yang berbentuk menyembul seperti topi kecil ini sendiri berfungsi untuk menampung air mani. Pastikan Anda tidak melewatkan cara memakai kondom yang satu ini. Dengan begitu, risiko kondom pecah dapat dicegah semaksimal mungkin.

4. Pasang Sampai ke Pangkal Penis
Saat jari-jari Anda menekan ujung kondom, tangan yang satu mulai menarik gulungan kondom secara perlahan sampai seluruh penis, dari ujung kepala hingga pangkal penis, terbungkus oleh kondom.

Setelah penis terbungkus sepenuhnya, Untuk melengkapi tahap atau cara memakai kondom ini, Anda bisa meminta pasangan untuk melakukan oral seks guna melumasi penis agar siap untuk berpenetrasi ke dalam vagina. Pilihlah kondom yang memiliki rasa buah-buahan agar memberikan sensasi menyenangkan bagi pasangan saat mengulum si Mr. P.

5. Segera Tarik Penis Setelah Terjadi Ejakulasi
Manakala air mani sudah keluar alias ejakulasi, segera tarik penis Anda keluar sebelum kembali ‘loyo’. Cara pakai kondom ini wajib untuk dilakukan guna mencegah kemungkinan kondom bocor padahal masih berada di dalam vagina pasangan.

6. Lepas Kondom dan Buang dengan Benar
Setelah penis keluar seutuhnya, lepaskan kondom secara perlahan agar sperma yang berada di ujung kondom tidak berceceran. Sesudah itu, bungkus kondom dengan tisu kemudian buang kondom ke tempat sampah.

Jangan lupa untuk langsung membersihkan penis Anda sesaat setelah selesai berhubungan intim guna menjaga higienitasnya.