Sabtu, 22 Desember 2018 03:30

Pakai Celana Dalam Biasa atau Boxer, Sehat Mana untuk Sperma?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pakai Celana Dalam Biasa atau Boxer, Sehat Mana untuk Sperma?

Pria terkadang bingung memilih jenis celana dalam antara boxer atau brief. Hal itu ternyata berpengaruh pada kesuburan atau jumlah sperma laki-laki.

RAKYATKU.COM - Pria terkadang bingung memilih jenis celana dalam antara boxer atau brief. Hal itu ternyata berpengaruh pada kesuburan atau jumlah sperma laki-laki.

Mengutip USA Today, sebuah studi diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction, para peneliti melakukan analisis terhadap 656 pria. Hasilnya, pilihan pakaian dalam sangatlah penting.

Studi itu menyebutkan, celana yang terlalu ketat kemungkinan bisa menjadi penyebab naiknya suhu di testis. Hal itu yang membuat buruknya sperma.

Penulis studi Jorge Chavarro, profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard T.H. Chan School of Public Health, Amerika Serikat Jorge Chavarro, mengatakan beberapa pria mungkin mendapatkan manfaat yang besar dari perubahan jenis celana dalam yang mereka kenakan.

Penelitian ini melibatkan pria dengan usia 18 hingga 56 yang berkunjung ke klinik kesuburan di Massachusetts General Hospital di Boston, Amerika Serikat. 

Para peneliti mengumpulkan sperma dan sampel darah, serta bertanya jenis pakaian dalam yang sering mereka gunakan.

Para peneliti menemukan, pria yang menggunakan semua jenis pakaian dalam memiliki jumlah cairan yang sama dalam ejakulasi. 

Sementara, mereka yang memakai boxer memiliki 25 persen konsentrasi sperma lebih tinggi. Sehingga, jumlah sperma totalnya 17 persen lebih tinggi.

Chavarro mengatakan, perlu dicatat bahwa pria di kedua kelompok pakaian memiliki rata-rata sperma yang cukup. Sehingga, sekalipun jumlahnya lebih rendah, sperma yang diproduksi para pemakai brief sama sehatnya.

Sumber: Liputan6