Sabtu, 24 November 2018 04:00

Bikin Anaknya Tersehat di Dunia, Ini Rahasia Para Ibu di Jepang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Japan Today)
Ilustrasi. (Foto: Japan Today)

The Lancet, jurnal kesehatan Inggris memaparkan anak-anak Jepang memiliki angka harapan hidup paling tinggi di dunia. Itu tidak lain karena manajemen makanan yang diterapkan para ibu di sana. 

RAKYATKU.COM - The Lancet, jurnal kesehatan Inggris memaparkan anak-anak Jepang memiliki angka harapan hidup paling tinggi di dunia. Itu tidak lain karena manajemen makanan yang diterapkan para ibu di sana. 

Dilansir Inc., Naomi Moriyama dan William Doyle menuliskan aturan makan paling penting para ibu di Jepang dalam buku Secrets of the World's Healthiest Children.

1. Gunakan piring kecil

Tujuannya adalah untuk mengontrol porsi makan. Jika piring yang kamu punya di rumah ukurannya cukup besar, gunakan saja piring untuk salad, roti, atau makanan tambahan sebagai penggantinya

2. Ajak anak ikut memasak

Mengajak anak terlibat dalam proses mempersiapkan dan memasak makanan akan membuat mereka lebih mengapresiasi makanan. Selain itu anak juga akan mempelajari kebiasaan gaya hidup sehat.

3. Makan bersama sekeluarga

Orang sibuk biasanya akan makan sambil berangkat ke sekolah atau ke kantor. Banyak pula yang memilih makan sendiri-sendiri di depan TV karena sulit mengatur waktu makan untuk bersama. 

Padahal makan bersama tanpa melakukan aktivitas lain bisa mempererat kekeluargaan sekaligus menambah selera makan.

4. Pilih makanan bernilai gizi tinggi

Sajikan makanan yang rendah kalori dengan lebih banyak memasak makanan dari tanaman seperti buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian. Bisa juga ditambah ikan yang kaya omega 3.

5. Mencoba makanan baru

Para ibu kadang lebih memilih menyiapkan makanan kesukaan anak karena dianggap lebih mudah sebab anak tidak akan rewel. Padahal ini akan membuat anak semakin jadi pemilih makanan. Sebaiknya ibu selalu mencoba berbagai macam makanan yang ada.

Sumber: IDN Times