Sabtu, 22 September 2018 20:56

Kampanye Lewat Medsos, Caleg Dibatasi 10 Akun Per Aplikasi

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Fasial Amir.
Fasial Amir.

Kampanye Lewat Medsos, Caleg Dibatasi 10 Akun Per Aplikasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tahapan kampanye calon legislatif (Caleg)  resmi dimulai pada Minggu (23/9/2028) besok, hingga 13 April 2019 mendatang. Tahapan masa kampanye ini juga berlaku untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2019.

Ada berbagai cara yang dapat digunakan para caleg untuk berkampanye, salah satunya kampanye melalui media sosial.
Hanya saja, ada aturan tertentu yang perlu diperhatikan terkait kampanye di dunia maya ini. Aturan tersebut tercantum dalam PKPU Nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye Pemilu.

"Pada pasal 35 itu, akun media sosial yang dibuat untuk berkampanye paling banyak 10 akun untuk setiap jenis aplikasi. Jadi, misalnya Facebook 10 akun, Twitter 10 akun dan lain-lain," tutur Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Faisal Amir, saat ditemui di Kantor KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, Sabtu (22/9/2018).

Menurut Faisal, adapun desain pada media sosial yang digunakan untuk berkampanye tersebut memuat visi misi serta program caleg bersangkutan.

"Ini dapat berupa tulisan, suara, gambar, atau gabungan antara semuanya. Bisa bersifat naratif, grafis, karakter dan lain-lain," tambahnya.

Adapun akun media sosial yang digunakan tersebut wajib dilaporkan ke KPU, paling lambat sehari sebelum masa kampanye dimulai, atau Sabtu (22/9/2018) hari ini.

"Akun media sosial ini nanti akan disampaikan kepada Bawaslu dan pihak kepolisian. Akun ini wajib ditutup pada hari terakhir masa kampanye," pungkasnya.