Selasa, 04 September 2018 14:35

Jalaluddin Haqqani, Pendiri Jaringan Militan Afghanistan Meninggal

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jalaluddin Haqqani (AFP)
Jalaluddin Haqqani (AFP)

Jalaluddin Haqqani, pendiri jaringan militan Haqqani dilaporkan meninggal dunia.

RAKYATKU.COM - Jalaluddin Haqqani, pendiri jaringan militan Haqqani dilaporkan meninggal dunia.

Dalam sebuah pernyataan, Taliban Afghanistan mengatakan bahwa Jalaluddin menghembuskan napas terakhir setelah sakit selama beberapa tahun. Tidak ada rincian kapan dan di mana dia meninggal.

Jalaluddin Haqqani adalah tokoh militan yang berpengaruh di Afghanistan dan memiliki hubungan dekat dengan Taliban dan al-Qaeda.

Dalam pernyataannya, Taliban menyebut Jalaluddin sebagai "pejuang yang patut diteladani ... dan di antara tokoh-tokoh Jihadi yang terkenal di jaman ini".

Jalaluddin Haqqani adalah pemimpin gerilya Afganistan yang memerangi pasukan Soviet yang menduduki Afghanistan pada tahun 1980-an.

Para pejabat AS mengakui bahwa pada saat itu ia adalah aset berharga bagi Central Intelligence Agency (CIA). Namun, ia kemudian bersekutu dengan Taliban setelah mereka berkuasa di Afghanistan pada tahun 1996.

Jaringan Haqqani telah melakukan serangkaian serangan terkoordinasi pada pasukan Afghanistan dan NATO dalam beberapa tahun terakhir.

Kelompok itu juga telah disalahkan atas beberapa serangan paling mematikan di negara itu, termasuk ledakan bom truk di Kabul pada tahun 2017 yang menewaskan lebih dari 150 orang.

Putranya diyakini telah mengambil alih kendali kelompok itu pada tahun 2001.

Sebenarnya, Rumor tentang kematian Jalaluddin Haqqani telah beredar selama bertahun-tahun. Pada tahun 2015, sumber-sumber yang dekat dengan kelompok itu mengatakan kepada BBC bahwa pemimpin itu telah meninggal setidaknya setahun sebelumnya. Tapi berita itu tidak pernah dikonfirmasi.