Minggu, 26 Agustus 2018 19:40

Apakah Roman Abramovich Hendak Menjual Chelsea?

Mays
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Roman Abramovich
Roman Abramovich

Roman Abramovich diisukan mencari pembeli multi-miliar poundsterling untuk Chelsea. Namun kabar itu dibantah sumber dekat dengan klub sepakbola Inggris itu.

RAKYATKU.COM - Roman Abramovich diisukan mencari pembeli multi-miliar poundsterling untuk Chelsea. Namun kabar itu dibantah sumber dekat dengan klub sepakbola Inggris itu.

Para direkturnya di klub tersebut, diduga telah menyewa sebuah bank investasi khusus, Raine Group, untuk mengambil bagian dalam tinjauan strategis klub tersebut. Itu diungkap The Sunday Times.

Ini mengikuti tawaran 2 miliar poundsterling untuk Chelsea, dari pria terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe.  

Tapi sumber klub yang tahu persis kondisi Chelsea menyebut, Abramovich tidak memiliki rencana untuk menjual klub yang bermarkas di London itu, dan tidak ada yang berubah dalam hal itu.

Pengangkatan Raine Group untuk peninjauan strategis, yang diawasi oleh direktur Chelsea Marina Granovskaia dan Eugene Tenenbaum, muncul setelah perusahaan ekuitas swasta Silver Lake Partners, mencoba membeli saham minoritas.

Penjualan mungkin datang pada saat yang sangat penting bagi klub London barat, yang telah memulai musim di bawah manajer baru Maurizio Sarri, dan telah berhasil mempertahankan bakat superstar Eden Hazard.

Tetapi mereka telah menunda rencana mereka untuk kemungkinan baru £1 miliar, stadion 60.000 tempat duduk, setelah Abramovich memiliki masalah mengamankan visa untuk bekerja di Inggris pada Mei.

Dia mendapatkan kewarganegaraan Israel, yang memungkinkan dia untuk melakukan perjalanan ke Inggris, tetapi dia tidak diizinkan untuk bekerja. 

Abramovich tidak dapat memperoleh visa, yang menyebabkan dia kehilangan kemenangan final Piala FA Chelsea atas Manchester United pada Mei lalu.

Diperkirakan pemilik Chelsea secara pribadi campur tangan, untuk menghentikan perkembangan Stamford Bridge setelah visanya terpengaruh.

Visa Abramovich berakhir pada April dan dikatakan enggan untuk berinvestasi besar-besaran dalam sebuah proyek di negara itu, di mana visanya telah ditolak. 

Visa tier-1 sebelumnya yang memungkinkan orang yang berinvestasi lebih dari £2 juta dalam ekonomi Inggris, untuk tinggal selama 40 bulan, telah diberikan sebelum peraturan yang lebih ketat diperkenalkan pada April 2015.

Abroamovich rupanya saat ini tidak bermaksud mendaftar kembali untuk visa Inggris.

Pernyataan resmi Chelsea mengatakan, arena berkapasitas 60.000 kursi itu tertunda karena iklim investasi tidak menguntungkan saat ini.

Para ahli telah menyarankan, menarik investasinya bisa menjadi powerplay utama dengan Home Office atas visanya.

Tetapi yang lain mengatakan, pembangunan kembali tidak menumpuk secara finansial karena akan menelan biaya 1 miliar poundsterling untuk menambah hanya 19.000 kursi baru.

Oligarki itu membeli Chelsea pada tahun 2003. Sejak saat itu, klub menikmati kesuksesan dalam sejarah mereka, dengan lima gelar Premier League, lima Piala FA, dan Liga Champions 2012 di antara kemenangan trofi mereka.

Abramovich yang dianggap memiliki kekayaan sekitar £9,3 miliar dan menghasilkan uang dari minyak dan aluminium.

Pada tahun 2007 ia mencapai penyelesaian perceraian senilai 150 juta poundsterling dengan istri keduanya, Irina, yang merupakan tagihan perceraian terbesar keempat dalam sejarah.