Selasa, 31 Juli 2018 16:34

Produk Ikan Bandeng Tanpa Duri UKM Pangkep Sampai ke Jawa Hingga Papua

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Produk Ikan Bandeng Tanpa Duri UKM Pangkep Sampai ke Jawa Hingga Papua

Kemenristek Dikti melirik satu-satunya UKM Pangkep yang berhasil menghasilkan ikan tanpa duri sebanyak 600 ekor dalam seminggunya. Produktifitas UKM Mentari Citra Lestari tak lepas dari binaan Kemenri

RAKYATKU.COM - Kemenristek Dikti melirik satu-satunya UKM Pangkep yang berhasil menghasilkan ikan tanpa duri sebanyak 600 ekor dalam seminggunya. Produktifitas UKM Mentari Citra Lestari tak lepas dari binaan Kemenristek Dikti selama 3 tahun.

Ketua UKM yang betlokasi di Bungoro, Pangkep, Ratna Mentari mengatakan, pembinaan yang dilakukan Kemenristek Dikti meliputi pembinaan dalam hal penampilan produk, kualitas hingga pendanaannya. 

"Sebelum mendapat pendampingan dari Menristek Dikti, produksinya per minggu hanya sekitar 300 ekor dengan pasaran lokal," ujar Ratna.

Dikatakan Ratna, berkat bantuan dan pembinaan yang diterimanya, produksi ikan bandeng tanpa duri miliknya kini mencapai 600 ekor per minggu dan dijual hingga ke beberapa daerah di luar pulau Sulawesi, seperti Kupang NTT, Papua dan sebagian di kota besar di Jawa. 

Salah satu pembinaan Kemenristek Dikti, kata Ratna, salah satunya dengan memberikan penyeluhan kepada sekitar 20 karyawan yang ada di UKM Mentari Citra Lestari.

"Mentari Citra Lestari selama ini bergerak di bidang pengelolaan ikan. Produksi andalannya yakni ikan bandeng tanpa duri, abon ikan hingga bandeng krispi yang kini sudah di jual di outlet di Pangkajene. Ikan bandeng tanpa duri ini, kini sudah banyak di jual di beberapa toko makanan di Pangkep dengan harga Rp 14.000 per ekornya," ungkap Ratna