Senin, 30 Juli 2018 16:35

Cacing Beku Berusia Hampir 42.000 Tahun Berhasil Dihidupkan Kembali

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: East2West
Foto: East2West

Ilmuwan Rusia berhasil menghidupkan kembali dua nematoda (cacing gelang) yang telah dibekukan selama hampir 42.000 tahun.

RAKYATKU.COM - Ilmuwan Rusia berhasil menghidupkan kembali dua nematoda (cacing gelang) yang telah membeku selama hampir 42.000 tahun.

Siberian Times melaporkan bahwa peneliti berhasil menghidupkan cacing setelah mencairkan es. "Setelah dicairkan, nematoda menunjukkan tanda-tanda kehidupan," demikian laporan Siberian Times, mengutio ilmuwan Rusia.

Peneliti mengatakan, dua cacing prasejarah itu bergerak dan makan setelah mereka hidup kembali di laboratorium di Institute of Physico-Chemical and Biological Problems of Soil Science di Moskow.

Cacing itu ditemukan di dekat Sungai Alazeya pada tahun 2015 dan diyakini berusia sekitar 41.700 tahun. Itu ditemukan sekitar 11,5 kaki (3,5 meter) di bawah tanah.

Cacing yang satunya lagi ditemukan pada tahun 2002 di sebuah lubang penggalian fosil di dekat Sungai Kolyma. Sampel ini diambil dari sekitar 100 kaki (30,4 meter) di bawah tanah.

Menurut laporan, ada 300 cacing prasejarah yang diperiksa selama penelitian, tapi hanya dua itu dapat hidup.

Para peneliti percaya bahwa eksperimen yang menarik ini menunjukkan "kemampuan organisme multi-sel untuk bertahan hidup untuk jangka panjang".

Nematoda dikenal karena kemampuan mereka untuk bertahan untuk jangka waktu yang lama dalam kondisi yang tidak menguntungkan, termasuk dalam suhu yang sangat rendah. Mereka adalah hewan tertua yang hidup saat ini di planet ini.

Penelitian ini dilakukan oleh tim dari berbagai lembaga Rusia serta Universitas Princeton di New Jersey.