Selasa, 17 Juli 2018 23:43

Mesti Lebih Sabar Lagi Berangkat Haji, Daftar Tunggu Sulsel 34 Tahun

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Mesti Lebih Sabar Lagi Berangkat Haji, Daftar Tunggu Sulsel 34 Tahun

Masyarakat Sulsel yang ingin mendaftar untuk berangkat haji harus lebih sabar menunggu. Pasalnya, daftar tunggu calon jemaah haji (CJH) di Sulsel saat ini 34 tahun. 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Masyarakat Sulsel yang ingin mendaftar untuk berangkat haji harus lebih sabar menunggu. Pasalnya, daftar tunggu calon jemaah haji (CJH) di Sulsel saat ini 34 tahun. 

Tahun ini dari Sulawesi Selatan yang berangkat 7.296 jemaah sedangkan Embarkasi Hasanuddin sebanyak 15.736 jemaah. Sementara daftar tunggu Sulawesi Selatan sebanyak 197.027 jemaah.

Pemprov Sulsel pun berharap agar pada tahun-tahun mendatang ada penambahan kuota sehingga masa tunggu untuk Sulawesi selatan tidak terlalu lama. 

Untuk itu, Penjabat Sekprov Sulsel Tautoto Tanaranggina, berharap kepada seluruh calon jemaah haji agar menunjukkan sikap dan perilaku yang baik, karena selain sebagai tamu Allah, juga merupakan duta-duta bangsa.

"Kita berharap di tahun mendatang ada penambahan kuota sehingga daftar tunggunya tidak lama, karena 34 tahun terlalu lama," ujar Tautoto usai melepas kloter 1, Selasa (17/7/2018). 

Iskandar Fellang selaku pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sulsel, mengatakan ada 15.896 CJH diberangkatkan dari Embarkasi Makassar dari delapan provinsi di kawasan timur Indonesia. 

Rinciannya, Sulsel 7.269 orang, Sultra 2003 orang, Sulbar 1453 orang, Gorontalo 983 orang, Maluku 1074 orang, dan 175 petugas kloter.

Ketua Tim Komisi VIII DPR RI, Syamsu Niang, mengatakan daftar tunggu di negara-negara muslim lebih panjang lagi dengan yang ada di Sulsel, salah satunya di Malaysia yang mencapai 50 tahun lebih. 

"Daftar tunggu di Sulsel lebih pendek dibandingkan dengan daftar tunggu yang ada di negara muslim lainnya. Jadi masyarakat perlu bersabar untuk bisa berangkat haji," tuturnya.