Minggu, 24 Juni 2018 13:02

Buka PSBM 2018, JK: Perantau Itu Orang Berani dan Kuat

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wapres RI Jusuf Kalla
Wapres RI Jusuf Kalla

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka Pertemuan Saudagar Bugis-Makassar (PSBM) ke-XVIII (18) di Hotel Clarion, Minggu (24/6/2018).

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka Pertemuan Saudagar Bugis-Makassar (PSBM) ke-XVIII (18) di Hotel Clarion, Minggu (24/6/2018). 

Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi-Selatan Soni Sumarsono juga turut hadir mendampingi Jusuf Kalla dalam acara pembukaan PSBM tersebut. 

"Karena warga Sulsel mudik setelah lebaran, mereka perlu datang dan datangnya tanpa ongkos. Ongkosnya mudik dan hasilnya pertemuan ini," kata JK. 

JK mengatakan, para saudagar perlu menjaga jaringan, semangat, dan sinergi. Modal pertama dari saudagar adalah semangat.

"Memang ada semangat, ada risiko di perantauan. Kalau merantau itu orang yang berani dan kuat, hanya orang berani dan kuat mau bertarung tanpa modal," katanya. 

Yang penting dalam acara ini, menurutnya, berbagi pengalaman dengan cerita-cerita sukses yang dibagikan untuk memberikan motivasi. 

Hadirnya pengusaha penting karena bangsa Indonesia dibangun oleh dua unsur, yakni pemerintah dan pengusaha. Selain hadir pemerintah yang baik, juga hadir pengusaha yang baik. 

"Pertemuan ini sinergi pengalaman karena ada pepatah yang mengatakan, guru yang terbaik adalah pengalaman," sebutnya. 

Modal orang Bugis-Makassar itu keberaniannya dan juga akal yang dimiliki. Dia memberikan contoh seperti China yang membangun adalah para diasporanya. Sulsel dibangun dari para perantau. Selain membangun daerah tempat perantauan tetapi juga berefek ke Sulsel. 

Loading...