Rabu, 20 Juni 2018 09:26

Cara Menghilangkan Jerawat di Kulit Kepala

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
INT
INT

Pernahkah Anda menemukan benjolan merah di kulit kepala Anda? Itu adalah jerawat, yang muncul karena pori-pori tersumbat. Penyumbatan ini biasanya terjadi ketika sel-sel kulit mati, bakteri, atau sebu

RAKYATKU.COM - Pernahkah Anda menemukan benjolan merah di kulit kepala Anda? Itu adalah jerawat, yang muncul karena pori-pori tersumbat. Penyumbatan ini biasanya terjadi ketika sel-sel kulit mati, bakteri, atau sebum kulit Anda memasuki pori-pori.

Faktor lain yang dapat menyebabkan pori-pori di kulit kepala tersebumbat dan membentuk jerawat termasuk produk perawatan rambut, seperti sampo, atau karena Anda malas keramas. Mengenakan topi, helm, atau peralatan lain yang menyebabkan gesekan pada kulit kepala juga merupakan beberapa faktor utama yang menyebabkan jerawat di kulit kepala Anda.

Bagaimana cara mengobati jerawat di kulit kepala? Ikuti tips berikut ini!

1. Minyak Kelapa
Tuang beberapa tetes minyak kelapa murni dalam mangkuk dan oleskan secara merata ke kulit kepala dan rambut Anda. Biarkan selama setidaknya satu jam dan bersihkan dengan sampo ringan. Anda juga bisa menambahkan tea tree oil untuk hasil yang lebih baik. Lakukan ini setidaknya 1 hingga 2 kali seminggu.

Minyak kelapa murni memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik, serta antimikroba, Semua itu bekerja melawan jerawat kulit kepala.

2. Lidah buaya
Ambil daun lidah buaya dan ekstrak gelnya. Terapkan langsung ke jerawat di kulit kepala Anda. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum dibilas. Lakukan ini 1 hingga 2 kali sehari atau setiap hari, sampai jerawat menghilang.

Aloe vera memiliki sifat anti-inflamasi. Ini adalah obat anti-jerawat yang efektif yang membantu dalam mengurangi jerawat dan peradangan.

3. Cuka apel
Campurkan satu setengah cangkir air, dengan setengah cangkir cuka apel dan beberapa tetes tea tree oil. Cuci rambut Anda dengan sampo, dan bilas rambut Anda dengan campuran yang sudah Anda buat. Lakukan ini setiap kali Anda mencuci rambut, sebaiknya 2 hingga 3 kali seminggu.

Sifat asam cuka apel akan mengembalikan pH kulit kepala Anda. Dengan demikian itu akan mempercepat penyembuhan jerawat pada kulit kepala. Cuka pel juga mendisinfeksi kulit kepala Anda dan mencegah jerawat muncul kembali.

4. Baking soda
Campurkan satu sendok makan baking soda dengan secangkir air. Aduk rata dan oleskan ke seluruh kulit kepala Anda. Biarkan selama sekitar 10 menit dan kemudian bilas. Tindak lanjuti dengan kondisioner. Lakukan ini 1 hingga 2 kali setiap minggu.

Baking soda membantu dalam menyerap sebum berlebih dari kulit kepala, sehingga menjaga pori-pori kulit kepala Anda tetap bersih. Ini juga menghilangkan produk apa pun yang ada di rambut atau kulit kepala Anda yang mungkin menyebabkan jerawat.