Selasa, 19 Juni 2018 15:55

WHO Tetapkan Kecanduan Gim Sebagai Penyakit

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO menetapkan kecanduan bermain gim merupakan penyakit gangguan kesehatan mental.

RAKYATKU.COM, LONDON - Badan Kesehatan Dunia atau WHO menetapkan kecanduan bermain gim merupakan penyakit gangguan kesehatan mental.

Bagian Klasifikasi Penyakit Internasional WHO (ICD) telah menganalisisberdasarkan referensi mengenai penyakit yang diakui dan diagnosis. 

Dalam referensi itu, WHO menggambarkan kecanduan gim digital dan video sebagai pola perilaku permainan yang terus-menerus atau berulang. Karena berulang, permainan akan menimbulkan dampak yang lebih luas. Sehingga berpotensi untuk didahulukan terlebih dahulu, daripada kepentingan hidup lainnya.

Pakar WHO tentang kesehatan mental dan penyalahgunaan zat, Shekhar Saxena, mengatakan beberapa kasus terburuk yang terlihat dalam penelitian global adalah gamer yang bermain hingga 20 jam sehari. 

Waktu itu mengganggu waktu untuk tidur, makan, bekerja atau sekolah dan kegiatan sehari-hari lainnya.

Ia menekankan, memang hanya minoritas kecil orang yang bermain gim digital dan video berpotensi mengembangkan masalah. Namun, pengakuan tanda-tanda peringatan dini dapat membantu mencegahnya.

"Ini adalah perilaku sesekali atau sementara. Jika perilaku seperti itu berlangsung selama sekitar satu tahun bisa menjadi diagnosis potensi gangguan dibuat,” kata Shekhar Saxena dilansir Reuters.

Loading...