Senin, 28 Mei 2018 17:31

Kolak Candil, Hidangan Lezat Untuk Berbuka Puasa

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kolak Candil, Hidangan Lezat Untuk Berbuka Puasa

Salah satu hidangan khas Ramadan, yaitu kolak. Citarasa kolak memang sangat unik. Paduan antara bahan kolak dengan gula merah cair manis yang legit memang sulit ditolak. Belum lagi tambahan santan yan

RAKYATKU.COM - Salah satu hidangan khas Ramadan, yaitu kolak. Citarasa kolak memang sangat unik. Paduan antara bahan kolak dengan gula merah cair manis yang legit memang sulit ditolak. Belum lagi tambahan santan yang membuat rasa kolak menjadi semakin gurih. 

Tak heran jika sampai saat ini, kolak senantiasa jadi favorit mayoritas orang Indonesia untuk berbuka puasa. Apalagi ada banyak jenis kolak. Salah satunya yang bisa Anda nikmati sebagai sajian buka puasa adalah Kolak Candil.

Kolak candil terbuat dari adonan tepung ketan dan air yang dibentuk jadi bulatan-bulatan kecil, lalu dimasak bersama larutan gula merah. Agar lebih nikmat, siram dengan kuah santan sebelum disajikan. Rasa candil ketan yang kenyal sekaligus empuk dijamin bikin ketagihan.Untuk mencoba membuatnya di rumah, berikut resepnya, yang kikutip dari Resep Koki.

Bahan-bahan
-Tepung ketan 250 gram
-Garam 1/2 sdt
-Air hangat 120 ml
-Gula merah 200 gram
-Daun pandan 1 lembar
-Air 500 ml
-Tepung tapioka (encerkan dengan sedikit air) 2 sdm

Bahan siraman kuah:
- Santan kental 150 ml
- Garam 1/2 sdt
- Daun pandan 1 lembar

Cama Membuat:
1. Campurkan semua bahan siraman kuah. Masak di atas kompor sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat dan sisihkan.
2. Campur tepung ketan dan garam. Aduk campuran dan uleni sambil dituang air hangat sedikit demi sedikit, sampai adonan bisa dibentuk.
3. Panaskan banyak air dalam panci. Biarkan sampai mendidih.
Ambil dan bentuk adonan menjadi seukuran kelereng. Masukkan dalam air mendidih. Rebus hingga adonan candil mengapung. Angkat dan tiriskan.
4. Dalam panci, campurkan gula merah, air, dan daun pandan. Masak hingga mendidih. Masukkan adonan candil. Aduk hingga merata.
5. Tuangkan larutan tapioka, aduk hingga bubur kental dan meletup-letup. Angkat, kemudian sajikan bubur bersama siraman kuah.