Senin, 28 Mei 2018 03:30

Air Hujan Baik untuk Rambut Atau Tidak?

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tidak sengaja terkena hujan, rambut dan sekujur tubuh menjadi basah. Lalu, bagaimana keadaan yang sebenarnya untuk rambut? Bagus atau dapat berdampak buruk kah jika rambut terkena air hujan? 

RAKYATKU.COM - Tidak sengaja terkena hujan, rambut dan sekujur tubuh menjadi basah. Lalu, bagaimana keadaan yang sebenarnya untuk rambut? Bagus atau dapat berdampak buruk kah jika rambut terkena air hujan? 

Atau punya kesenangan bermain hujan dan tidak mengetahui dampak apa saja yang disebabkan oleh air hujan kepada rambut? Dilansir laman doktersehat, berikut jawabannya.

1. Hindari Hujan Pertama

Setelah sekian lama kemarau, hujan pertama rasanya pasti menyenangkan. Anda yang memang hobi bermain hujan, taksabar untuk basah-basahan. Namun, Boldsky melansir bahwa air hujan pertama mengandung polutan kimia di atmosfer. Karena itu, air hujan pertama jelas berbahaya bagi rambut atau kesehatan tubuh. Jika ingin bermain hujan, tunggu hujan-hujan berikutnya.

2. Air Hujan yang Lembut

Air hujan merupakan air murni yang lembut. Jika Anda memiliki segenap masalah rambut, air yang paling baik adalah air hujan. Tentu bukan air hujan pertama. Melainkan air hujan yang sudah turun beberapa kali. Anda bisa sesekali menggunakannya untuk mencuci rambut dan rasakan perbedaannya.

3. Gunakan Air Hujan untuk Mencuci Rambut

Rambut terkena air hujan? Mengapa tidak mencucinya sekalian. Menggunakan air hujan untuk mencuci rambut juga disarankan oleh Boldsky. Tamping air hujan ke dalam ember, dan gunakan air tersebut untuk keramas, membilas rambut. Rambut akan terasa lebih lembut.

4. Jangan Lupa untuk Mengeringkannya

Jangan biarkan air hujan berlama-lama diam pada rambut. Dalam kasus Anda kehujanan, segera keringkan rambut. Pasalnya, rambut yang basah, rambut yang dalam keadaan terikat dan basah bisa merusak rambut dari akarnya. Akar rambut menjadi lemah yang mengakibatkan rambut mudah rontok.

Air hujan terjadi sebab beberapa proses. Jangan khawatir jika rambut terkena air hujan, selain air hujan pertama, air hujan bagus untuk rambut. Jangan ragu untuk mencoba mencuci rambut dengan air hujan.